Friday 16 November 2012

Ada apa dengan "KEPO"

Dewasa ini, sosial media banyak berpengaruh dalam kehidupan sehari hari, baik dikalangan remaja, dewasa, bahkan orang yang lanjut usia sekalipun. Sepertinya virus “anak gaol” sudah meradang akut di nadi-nadi anak muda.
Sembari bersenandung rindu, beranjak santai dikala senja, tak ada salahnya kita menelaah apa itu arti kata Kepo yang sebenarnya. Yap, tentunya kata Kepo pasti udah tak asing lagi kan bagi kita yang banyak fasih terhadap perkembangan dunia nyata juga dunia maya?
Tapi, yang harus pembaca tau. Sepertinya ada sedikit kesalahan pengertian dalam kata Kepo ini. Jadi, apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata Kepo? Mungkin yang muncul di benak kalian adalah persepsi negatif, benar begitu?
Tak ada salahnya toh kita selusuri kata yang semakin poular ini menjadi obrolan dan perbincangan yang asik dan santai, namun tetap berisi tentunya. Menurut hasil googling, Kepo itu berasal dari bahasa Bangka yang artinya kurang lebih “mau tahu urusan orang atau orang yang sok sibuk”
Disini, menurut kamus kitabgaul.com yang ada di Om Google, ditemukan beberapa jenis Kepo. Berikut ini beberapa jenis dan contohnya:
1.Kepo = Mau tau urusan orang lain
A : Gimana kabar Kang Asep sama pacarnya sekarang, udah putus belum?
B : Kepo banget sih.

2.Kepo = Perasaan ingin tahu terhadap sesuatu hal.
Sudah tak asing lagi, biasanya Ini sering digunakan di jejaring sosial. Contoh: Twitter.
Misalnya, SBY penasaran ketemu @tifsembiring makan apa di BIP..
Tifsembiring : @SBY iihh, kepo ajaa deh..

3.Kepo = Berasal dari bahasa Hokkian.
Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek-nenek. Jadi artinya nenek-nenek yang suka bertanya-tanya. Maksudnya selalu ingin tahu.
A : Kamu lagi dimana? Ngapain? Sama siapa?
B : Kepo banget sihh..

4.Kepo = Tentang si pelaku, biasanya disebut tukang gosip, selalu mau tau urusan orang lain.
Kalau ada orang yang selalu penasaran dan pengen tahu tentang segala hal, ya pastinya kata yang keluar: "kepo banget sih lo, bro."

5. Kepo = Selalu ingin tahu.
Temen cowo lo itu kepo banget ya! Gue ditanya-tanyain ini-itu, pengen tau urusan orang banget sih.

Nah, dari penjabaran diatas, secara harfiah, kata Kepo itu bernada negatif. Sedikit menggelitik dalam pikiran. Pastinya, siapa yang nggak risih urusannya direcokin sama orang lain? Yap, kalau masih bingung. Saya sebagai penulis, dan juga penikmat kata Kepo, mau membagi kata ini menjadi tiga makna, dan ini hanya menurut subyektif penulis saja.
1.Kepo = Care
Nggak selamanya Kepo itu harus menimbulkan persepsi negatif. Misalnya ada temen, pacar, orang tua, atau keluarga kita yang lagi ada masalah terus kita tanya sama dia.
“kamu kenapa ko diem aja ? ada masalah ya ?”
Dalam hal ini, Kepo adalah wajar karena bermaksud peduli sama seseorang yang kita kenal.
2.Kepo = Inisiatif
Kepo jenis ini ditujukan kepada orang-orang yang ingin tau tentang banyak hal yang membuatnya penasaran. Biasanya, rasa ingin tau ditujukan kepada ilmu pengetahuan, untuk menciptakan sesuatu yang baru. Orang yang memiliki karakter kepo ini tidak bermaksud untuk mengorek tentang orang lain tetapi untuk mempelajari sifat-sifat orang. Biasanya, Kepo seperti ini juga menggangu tapi karena orang-orang Kepo seperti inilah tercipta listrik, pesawat, kapal selam, dan lain-lain.
3.Kepo = Stadium Akhir
Nah, inilah jenis Kepo yang paling parah, karena orang yang terjangkit Kepo Stadium Akhir akan melakukan apa saja untuk mengetahui apapun yang ingin dia tau. Apapun yang dilakukan orang lain, dia selalu mau tau, dan kalaupun nggak ada yang ngasih tau dia bakal cari kemanapun, ke Twitter, Facebook, Google, Sekolah, Kampus, Kostan, sampai kamar mandi sekalipun dijelajahinya. Kepo Stadium Akhir bekerja pada siapapun yang ingin tau semua urusan yang bukan urusan dia, sampai orang yang dia nggak kenal sekalipun.
Sepertinya, lebih menarik lagi meembagi kebeberapa detail lagi tentang Kepo Stadium Akhir,
  1. Kepo sama orang yang memusuhi dia.
  2. Kepo sama orang yang disuka.
  3. Kepo sama orang yang nggak ada urusan sama sekali.
Dari ketiga jenis di atas, yang paling parah adalah yang ketiga, karena di jenis ini orang akan sangat senang cari tahu segala jenis permasalahan orang lain entah dia kenal atau tidak dan bahkan dengan senang mentertawakannya.

Monday 5 November 2012

ASAS KEBANGKITAN DUNIA ISLAM

Asas Kebangkitan Dunia Islam

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani

KATA PENGANTAR
Tulisan dibawah ini merupakan jawaban dari pertanyaan pernah yang dilontarkan kepada Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah di majalah Al-Ashalah, edisi 11, tgl. 15 Dzulhijjah 1414 H, dan pernah dimuat di majalah As-Sunnah edisi 13/II/1416 H. Kami mengangkatnya kembali di ML assunnah karena berhubungan dengan ilmu, tentunya dengan ijin dari penerjemah.
ASAS KEBANGKITAN DUNIA ISLAM
Bentuk pertanyaan yang dilontarkan adalah sbb :
Pertanyaan.
Asas-asas apakah yang dapat menyebabkan Dunia Islam bangkit kembali .?
Jawab.
Yang saya yakini ialah apa yang terdapat dalam hadits shahih. Ia merupakan jawaban tegas terhadap pertanyaan semacam itu, yang mungkin di lontarkan pada masa sekarang ini. Hadits itu adalah sabda Rasulullah SAW.
Artinya :
"Apabila kamu melakukan jual beli dengan sistem 'iinah (seseorang menjual sesuatu kepada orang lain dengan pembayaran di belakang, tetapi sebelum si pembeli membayarnya si penjual telah membelinya kembali dengan harga murah -red), menjadikan dirimu berada di belakang ekor sapi, ridha dengan cocok tanam dan meninggalkan jihad, niscaya Allah akan menjadikan kamu dikuasai oleh kehinaan, Allah tidak akan mencabut kehinaan itu dari dirimu sebelum kamu rujuk (kembali) kepada dien kamu". (Hadist Shahih riwayat Abu Dawud).
Jadi asasnya ialah RUJUK (kembali) kepada ISLAM.
Persoalan ini, telah diisyaratkan oleh Imam Malik rahimahullah dalam sebuah kalimat ma'tsur yang ditulis dengan tinta emas : "Barangsiapa mengada-adakan bid'ah di dalam Islam kemudian menganggap bid'ah itu baik, berarti ia telah menganggap Muhammad SAW menghianati risalah". Bacalah firman Allah Tabaraka wa Ta'ala.
Artinya :
"Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-sempurnakan buatmu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu". (Al-Maaidah : 3).
"Oleh karenanya apa yang hari itu bukan agama, maka hari ini-pun bukan agama, dan tidaklah akan baik umat akhir ini melainkan dengan apa yang telah baik pada awal umat ini".
Kalimat terakhir (Imam Malik) di atas itulah yang berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan ini, yaitu pernyataannya :
"Dan tidaklah akan baik umat akhir ini melainkan dengan apa yang telah baik pada awal umat ini".
Oleh sebab itu, sebagaimana halnya orang Arab Jahiliyah dahulu tidak menjadi baik keadaannya kecuali setelah datangnya Nabi mereka, Muhammad SAW dengan membawa wahyu dari langit, yang telah menyebabkan kehidupan mereka di dunia berbahagia dan selamat dalam kehidupan akhirat. Demikian pula seyogyanya asas yang mesti dijadikan pijakan bagi kehidupan Islami nan membahagiakan di masa kini, yakni tiada lain hanyalah RUJUK (kembali) kepada Al-Kitab was Sunnah.
Hanya saja, masalahnya memerlukan sedikit penjelasan, sebab betapa banyak jama'ah serta golongan-golongan di "lapangan" mengaku bahwa mereka telah meletakkan sebuah manhaj yang memungkinkan dengannya terwujud masyarakat Islam dan terwujud pelaksanaan hukum berdasarkan Islam.
Sementara itu kita mengetahui dari Al-Kitab dan Sunnah Rasulullah SAW, bahwa jalan bagi terwujudnya itu semua hanya ada satu jalan, yaitu sebagaimana yang disebutkan oleh Allah Ta'ala dalam firmannya.
"Dan sesungguhnya (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya". (Al-An'am : 153).
Dan sungguh Rasulullah SAW, telah menjelaskan makna ayat ini kepada para shahabatnya. Beliau pada suatu hari menggambarkan kepada para shahabat sebuah garis lurus di atas tanah, disusul dengan menggambar garis-garis pendek yang banyak di sisi-sisi garis lurus tadi.
Kemudian beliau SAW membacakan ayat di atas ketika menudingkan jari tangannya yang mulia ke atas garis yang lurus dan kemudian menunjuk garis-garis yang terdapat pada sisi-sisinya, beliau bersabda:
"Ini adalah jalan Allah, sedangkan jalan-jalan ini, pada setiap muara jalan-jalan tersebut ada syaithan yang menyeru kepadanya".
(Shahih sebagaimana terdapat di dalam "Zhilalul Jannah fi takhrij As-Sunnah : 16-17).
Allah 'Azza wa Jalla-pun menguatkan ayat beserta penjelasannya dari Rasulullah SAW dalam hadits di atas, dengan ayat lain, yaitu firman-Nya.
"Dan barang siapa yang menentang Rasul sesudah jelas petunjuk (kebenaran) baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin. Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-seburuk tempat kembali". (An-Nisaa : 115)
Dalam ayat ini terdapat sebuah hikmah yang tegas, yakni bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala mengikatkan "jalannya orang-orang mukmin" kepada apa yang telah di bawa oleh Rasulullah SAW. Hal inilah yang telah diisyaratkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits iftiraq (perpecahan) ketika beliau ditanya tentang Al-Firqah An Najiyah (golongan yang selamat), saat itu beliau menjawab :
"(Yaitu) apa yang aku dan shahabatku hari ini ada di atasnya"
(lihat As-Silsilah Ash-Shahihah : 203)
Apakah gerangan hikmah yang di maksud ketika Allah menyebutkan "Jalannya orang-orang mukmin (Sabiilul mukminin)" dalam ayat tersebut.? Dan apakah kiranya hal yang dimaksud ketika Rasulullah SAW mengikatkan para shahabatnya kepada diri beliau sendiri dalam hadits di muka .? Jawabannya, bahwa para shahabat radliyallahu anhum itu adalah orang-orang yang telah menerima pelajaran dua wahyu (Al-Qur'an dan As-Sunnah) langsung dari Rasulullah SAW, beliau telah menjelaskannya langsung kepada mereka tanpa perantara, tidak sebagaimana keadaan orang-orang yang sesudahnya.
Tentu saja hasilnya adalah seperti yang pernah dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya :
"Sesungguhnya orang yang hadir akan dapat melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang yang tidak hadir"
(Lihat Shahih Al-Jami' : 1641).
Oleh sebab itulah, iman para shahabat terdahulu lebih kuat daripada orang-orang yang datang sesudahnya. Ini pula telah diisyaratkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits mutawatir :
"Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian orang-orang yang sesudahnya, kemudian orang-orang yang sesudahnya lagi". (Muttafaq 'alaihi).
Berdasarkan hal ini, seorang muslim tidak bisa berdiri sendiri dalam memahami Al-Kitab dan As-Sunnah, tetapi ia harus meminta bantuan dalam memahami keduanya dengan kembali kepada para shahabat Nabi yang Mulia, orang-orang yang telah menerima pelajaran tentang keduanya langsung dari Rasulullah SAW yang terkadang menjelaskannya dengan perkataan, terkadang dengan perbuatan dan terkadang dengan taqrir (persetujuan) beliau.
Jika demikian, adalah mendesak sekali dalam "mengajak orang kembali kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah" untuk menambahkan prinsip "berjalan di atas apa yang ditempuh oleh AS-SALAFU AS-SHALIH" dalam rangka mengamalkan ayat-ayat serta hadits-hadits yang telah disebutkan di muka, manakala Allah menyebutkan "Jalannya orang-orang mukmin (sabilul mu'minin)", dan menyebutkan Nabi-Nya yang mulia serta para shahabatnya dengan maksud supaya memahami Al-Kitab was Sunnah sesuai dengan apa yang dipahami oleh KAUM SALAF generasi pertama dari kalangan shahabat radliyallahu anhum dan orang-orang yang mengikuti mereka secara ihsan.
Kemudian, dalam hal ini ada satu persoalan yang teramat penting namun dilupakan oleh banyak kalangan jama'ah serta hizb-hizb Islam. Persoalan itu ialah : "Jalan mana gerangan yang dapat digunakan untuk mengetahui apa yang ditempuh oleh para shahabat dalam memahami dan melaksanakan sunnah ini ..?".
Jawabannya : "Tiada jalan lain untuk menuju pemahaman itu kecuali harus RUJUK (kembali) kepada Ilmu Hadits, Ilmu Mushtalah Hadits, Ilmu Al-jarh wa At-Ta'dil dan mengamalkan kaidah-kaidah serta musthalah-musthalah-nya tersebut, sehingga para ulama dapat dengan mantap mengetahui mana yang shahih dari Nabi SAW dan mana yang tidak shahih".
Sebagai penutup jawaban, kami bisa mengatakan dengan bahasa yang lebih jelas kepada kaum muslimin yang betul-betul ingin kembali mendapatkan 'IZZAH (kehormatan), kejayaan dan hukum bagi Islam, yaitu anda harus bisa merealisasikan dua perkara :
Pertama :Anda harus mengembalikan syari'at Islam ke dalam benak-benak kaum muslimin dalam keadaan bersih dari segenap unsur yang menyusup ke dalamnya, apa yang sebenarnya bukan berasal daripadanya, ketika Allah Tabaraka wa Ta'ala menurunkan firmannya :
"Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-sempurnakan ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu" (Al-Maaidah : 3).
Mengembalikan persoalan hari ini menjadi seperti persoalan zaman pertama dahulu, membutuhkan perjuangan ekstra keras dari para ulama kaum muslimin di pelbagai penjuru dunia.
Kedua:Kerja keras yang terus menerus tanpa henti ini harus dibarengi dengan ilmu yang telah terbersihkan itu.
Pada hari kaum muslimin telah kembali memahami dien mereka sebagaimana yang dipahami para shahabat Rasulullah SAW, kemudian melaksanakan pengamalan ajaran Islam yang telah terbersihkan ini secara benar dalam semua segi kehidupan, maka pada hari itulah kaum mu'minin dapat bergembira merasakan kemenangan yang datangnya dari Allah.
Inilah yang bisa saya katakan dalam ketergesa-gesaan ini, dengan memohon kepada Allah agar Dia memberikan pemahaman Islam secara benar kepada kita dan seluruh kaum muslimin, sesuai dengan tuntunan kitab-Nya dan Sunnah Rasulullah SAW yang shahih sebagaimana yang telah ditempuh oleh SALAFUNA ASH-SHALIH.
Kita memohon kepada Allah agar Dia memberikan taufiq kepada kita supaya dapat mengamalkan yang demikian itu, sesungguhnya Dia SAMI' (Maha Mendengar) lagi MUJIB (Maha Mengabulkan Do'a).