Wednesday 27 March 2013

ALIRAN-ALIRAN DALAM LINGUISTIK

1  Linguistik Struktural
Linguistik struktural   : ilmu linguistik yang mempelajari ujaran atau bunyi-bunyi yang dapat dijelaskan dengan kondisi-kondisi eksternal yang ada disekitar kejadiannya (Bloomfield)
Bloomfield berusaha menjadikan linguistik suatu ilmu yang mampu bersifat empiris. Karena bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yavg dapat diamati secara langsung. Sehingga perhatian kaum strukturalis terfokus pada fonologi, morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.

2. Linguistik Tranformasi
        Linguistik Tranformasi    : ilmu linguistik yang mempelajari satuan tata ahasa dari suatu bahasa.
Aliran ini dipelopori oleh comsky . Comsky mengatakan bahwa setiap bahasa dari suatu bahasa merupakan teori dari ahasa itu sediri. Adapun syarat tata ahasa itu sendiri menurutya adalah
1         kalimat yang dihasilka oleh tata bahasa harus dapat diterima oleh si pemakai.
2                Harus berbentuk sedemikian rupa sehingga satuan atau istilah yang digunaka tidak berdasar pada gejala bahasa tertetu saja, dan semuanya harus sejajar degan teori linguistik tertentu.
3.  Linguistik pragmatik
Menurut yule(1996 : 3) menyebutkan ada empat pengertian mengenai linguistik pragmatik yaitu  :
1                      Linguistik yang mengkaji makna pembicara.
2                      Linguistik yang mengkaji makna menurut maknanya
3                      Linguistik yang melebihi kajian tentang makna yang diujarkan, menkaji makna yang dikomunikasikan atau terkomunikasikan oleh pembicara.
Linguistik yang mengkaji bentuk ekspresi menurut jarak sosial yang membatasi partisipan yang terlibat dalam percakapan tertentu.

DEFINISI HUMAS MENURUT PARA AHLI

1          Webster’s New  Wold Dictionary menyebutkan bahwa

“ humas adalah segala bentuk hubungan dengan masyarakat melalui publisitas khususnya fungsi-fungsi organisasi dan sebagainya terkait dengan usaha menciptakan opini public dan citra yang menyenangkan untuk dirinya sendiri.

2          Moore, 2004 : 6

Humas merupakan fungsi menejemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seorang individu atau organisasi berdasarkan kepentingan public dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan public, filsafat social dan menejemen yang dinyatakan dalam kebijakasanaan beserta pelakasanaannya yang melalui interpretasai yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah dengan publiknya, berusaha memperoleh saling pengertian dan I’tikad baik.

3          Abdurrahman, 2004 : 6

Humas mempunyai dua pengertian :

a                    Humas sebagai teknik komunikasi (Technique of Communication)

b                    Humas sebagai metode komunikasi (Method of Communication)

4          John E Marston

Humas atau Public Relations (PR) adalah kegiatan komunikasi yang terencana dan persuasive untuk mendesain publik-publik yang nyata.

5          Harlaow (dalam Gruning, james E, 1984 : 7)

PR adalah fungsi menejemen yang membantu mendirikan dan memelihara hubungan komunikasi yang saling menguntungkan, keterbuakaan dan kerjasama antara organisasi dan publiknya, melibatkan menejemen problem dan issu, membantu manajemen untuk tetap terinformasi dan responsive terhadap public.

6          Baskin, Otin dan kawan-kawan

PR adalah sebuah fungsi (bagian) dari manajemen yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi dan berkomunikasi dengan public internal dan eksternal untuk mengembangkan sebuah hubungan yang positif.

7          Gene Harlan dan Alan Scott

Keahlian komunikasi harus nampak di dalam segala ide yang dihasilkan untuk public yang beragam dengan obyek PR dalam mendapatkanhasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

8.         Mc Elreath

Manajemen PR bearati melakukan peneletian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Seperti penerbitan brosur perusahaan.

9.         J. E. Seidel

Humas adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, pegawainya dan public pada umumnya.

10.       Fran Jeffkinsk

Humas adalah sesuatu yang merngkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara organisasi dengan seluruh khalayak dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.  


SIMPULAN

Jadi kehumasan adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama; melibatkan manajemen dalam persoalan atau permasalahan, membantu manajemen mampu menangani opini public ; mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai system peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan menggunakan penelitian  serta teknik  komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.