“ humas adalah segala bentuk hubungan
dengan masyarakat melalui publisitas khususnya fungsi-fungsi organisasi dan
sebagainya terkait dengan usaha menciptakan opini public dan citra yang
menyenangkan untuk dirinya sendiri.
2 Moore, 2004 :
6
Humas merupakan fungsi menejemen yang
mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seorang
individu atau organisasi berdasarkan kepentingan public dan menjalankan suatu
program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan public, filsafat social dan
menejemen yang dinyatakan dalam kebijakasanaan beserta pelakasanaannya yang
melalui interpretasai yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada
komunikasi dua arah dengan publiknya, berusaha memperoleh saling pengertian dan
I’tikad baik.
3 Abdurrahman,
2004 : 6
Humas mempunyai dua pengertian :
a
Humas sebagai teknik komunikasi (Technique of
Communication)
b
Humas sebagai metode komunikasi (Method of
Communication)
4 John E
Marston
Humas atau Public Relations (PR)
adalah kegiatan komunikasi yang terencana dan persuasive untuk mendesain
publik-publik yang nyata.
5 Harlaow
(dalam Gruning, james E, 1984 : 7)
PR adalah fungsi menejemen yang
membantu mendirikan dan memelihara hubungan komunikasi yang saling
menguntungkan, keterbuakaan dan kerjasama antara organisasi dan publiknya,
melibatkan menejemen problem dan issu, membantu manajemen untuk tetap
terinformasi dan responsive terhadap public.
6 Baskin, Otin
dan kawan-kawan
PR adalah sebuah fungsi (bagian) dari
manajemen yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi dan
berkomunikasi dengan public internal dan eksternal untuk mengembangkan sebuah
hubungan yang positif.
7 Gene Harlan
dan Alan Scott
Keahlian komunikasi harus nampak di
dalam segala ide yang dihasilkan untuk public yang beragam dengan obyek PR
dalam mendapatkanhasil yang sesuai dengan yang diinginkan.
8. Mc Elreath
Manajemen PR bearati melakukan peneletian,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi
yang disponsori oleh organisasi. Seperti penerbitan brosur perusahaan.
9. J. E. Seidel
Humas adalah proses yang kontinyu
dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para
pelanggannya, pegawainya dan public pada umumnya.
10. Fran Jeffkinsk
Humas adalah sesuatu yang merngkum
keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara
organisasi dengan seluruh khalayak dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang
spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
SIMPULAN
Jadi kehumasan adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama; melibatkan manajemen dalam persoalan atau permasalahan, membantu manajemen mampu menangani opini public ; mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai system peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.
No comments:
Post a Comment