Tuesday 12 November 2013

ALIRAN-ALIRAN DALAM LINGUISTIK

1          Linguistik Struktural
Linguistik struktural         : ilmu linguistik yang mempelajari ujaran atau bunyi-bunyi yang dapat dijelaskan dengan kondisi-kondisi eksternal yang ada disekitar kejadiannya (Bloomfield)
Bloomfield berusaha menjadikan linguistik suatu ilmu yang mampu bersifat empiris. Karena bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yavg dapat diamati secara langsung. Sehingga perhatian kaum strukturalis terfokus pada fonologi, morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
2.         Linguistik Tranformasi
Linguistik Tranformasi    : ilmu linguistik yang mempelajari satuan tata ahasa dari suatu bahasa.
Aliran ini dipelopori oleh comsky . Comsky mengatakan bahwa setiap bahasa dari suatu bahasa merupakan teori dari ahasa itu sediri. Adapun syarat tata ahasa itu sendiri menurutya adalah
1         kalimat yang dihasilka oleh tata bahasa harus dapat diterima oleh si pemakai.
2         Harus berbentuk sedemikian rupa sehingga satuan atau istilah yang digunaka tidak berdasar pada gejala bahasa tertetu saja, dan semuanya harus sejajar degan teori linguistik tertentu.
3.         Linguistik pragmatik
Menurut yule(1996 : 3) menyebutkan ada empat pengertian mengenai linguistik pragmatik yaitu  :
1      Linguistik yang mengkaji makna pembicara.
2      Linguistik yang mengkaji makna menurut maknanya
3   Linguistik yang melebihi kajian tentang makna yang diujarkan, menkaji makna yang dikomunikasikan atau terkomunikasikan oleh pembicara.
4    Linguistik yang mengkaji bentuk ekspresi menurut jarak sosial yang membatasi partisipan yang terlibat dalam percakapan tertentu. 

No comments:

Post a Comment